Selasa, 04 Juni 2013

Stabilitas dan pertumbuhan ekonomi



Keadialan
Perbedaan yang mencolok antara golongan kaya dan golongan miskin dapat menjadi pemicu keresahan masyarakat . masih mending (walau tetap saja tidak baik ). Jika ketimpangan distribusi pendapatan nasional tersebut terjadi melalui transaksidi pasar. Jika tidak , maka inilah gejala terjadinya kegagalan pasar dan inefisiensi di dalam perekonomian. Hal itu dapat terjadi karena beberapa jenis pendapatan ditentukan oleh campur aduknya factor-factor jelas dan tidak jelas seperti warisan , kemalangan, lotere, kerja keras, harga factor produksi , dan sebagainya. Artinya , ada pendapatan yang diperoleh secara tidak seimbang dengan usaha yang dikeluarkan untuk memperolehnya inefisiensi jenis ini diatasi pemerintah dengan antara lain system pajak.

Keadilan diartikan sebagai suatu paham kesamaan antar manusia, dalam konteks ini dimengerti bahwa tidak ada perbedaan antara manusia atas alasan apapun. Diskriminasi adalah suatu hal yang abnormal. Abnormal karena kelainan itu bertentangan dengan jati diri primordial manusia. Dalam pandangan Islam keberadaan individu dan masyarakat adalah sama pentingnya. Sebagai individu, manusia memiliki kemerdekaan yang penuh. Namun ketika ia berada di lingkup masyarakat, maka kebebasan pada dirinya menjadi terbatas. Oleh karena itu, setiap individu tidak boleh menggunakan kemerdekaannya itu untuk kepentingan pribadi dengan mengabaikan kepentingan masyarakat. Jika hal tersebut terjadi maka yang terjadi adalah konflik antar kepentingan. Sebaliknya bila melulu kepentingan masyarakat yang diutamakan maka akibatnya potensi individu menjadi sulit dkembangkan.

Stabilitas dan pertumbuhan ekonomi
Perekonomian selalu diganggu oleh dua penyakit  utamanya ,yakni inflasi gejala naiknya harga dan depresi tingkat pengangguran tinggi . pengalaman menunjukan bahwa semata- mata tangan gaib tidak bisa menyelasaikan masalah ini. Jadi perlu campur tangan pemerintah . untuk keperluan ini pemerintah mempunyai dua alat yakni kebijakan fiscal dalam kapasitas pemerintah sebagai fiscal authority dan kebijakan moneter dalam kapasitas pemerintah sebagai monetary aouthority.

STABILITAS EKONOMI
Stabilitas ekonomi Nasional dapat tercapai apabila faktor-faktor ekonomi berupa pemberdayaan selu-ruh faktor-faktor produksi dimana sumberdaya alam (SDA) dikelola dengan Sistem Manajemen Nasional yang bersifat menyeluruh dari perencanaan sampai dengan evaluasi dari program-program pemba-ngunan. Sumberdaya alam yang belum banyak di-sentuh diantaranya adalah faktor kekayaan alam berupa hasil laut, ekonomi agraris yang masih tetap miskin disebabkan karena pengelolaan pertanian dengan tradisional menghasilkan masyarakat sub-sistence disertai dengan diguissed un employment maka dipandang perlu melakukan diversifikasi eko-nomi dengan mengelola sumberdaya laut melalui investasi dibidang kelautan. Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah dan Koperasi dengan lebih banyak memanfaatkan local content berupa sumber bahan mentah di dalam negeri jelas akan mengurangi import dan menghemat devisa. Demi kelancaran pembangunan nasional maka diperlukan sarana prasarana serta infrastruktur yang memadai. Pen-tingnya peran infrastruktur dalam mendorong per-tumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, pengurangan kemiskinan, pengembangan sumber daya manusia, peningkatan daya saing industri, dan pemerataan pembangunan. Anggaran APBN yang terbatas diperlukan kerjasama dalam memenuhi permodalan yang dibutuhkan dalam investasi  dapat diperoleh melalui kerjasama dari penanaman modal asing (PMA) maupun   penanaman modal dalam negeri (PMDN) yang dibutuhkan oleh masing-masing daerahnya sesuai dengan otonomi daerah.

Pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomin yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakaan indikasi keberhasilan pembangunan ekonom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar